Rabu, 13 September 2017

Manfaat buah anggur bagi kesehatan tubuh

Manfaat buah anggur bagi kesehatan tubuh - Hijau, merah atau hitam. Tidak hanya warna yang beragam, manfaat buah anggur untuk kesehatan juga tersimpan dalam banyak.
Manfaat buah anggur bagi kesehatan tubuh
Manfaat buah anggur bagi kesehatan tubuh

Buahnya manis dan mengandung banyak air bisa dimakan mentah atau biasa membuat wine, selai, jus, selai, ekstrak biji anggur, kismis, cuka atau minyak biji anggur. Tak hanya itu, di buah ini juga tersimpan berbagai nutrisi dan antioksidan yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh.

8 Manfaat Anggur untuk Kesehatan

Banyak manfaat buah anggur tidak terlepas dari pelayanan polifenol, yaitu senyawa terang yang memberi warna pada buah. Kandungan polifenol antioksidan buah yang telah berkembang sejak tahun lalu 6000-8000 memberikan perlindungan tubuh terhadap penyakit dan degradasi lingkungan serta radikal bebas dan membantu tempur. Berikut beberapa manfaat buah anggur yang bisa kita ambil.

Jantung dan pembuluh darah
Polifenol dalam anggur mungkin dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular, melawan radikal bebas, yang diyakini memiliki efek antiinflamasi pada dinding pembuluh darah, sehingga mengurangi tekanan darah dan risiko aterosklerosis (pengerasan arteri), agen antiplatelet ( yang mencegah akumulasi trombosit), dan mendukung fungsi endotel. Menurut percobaan hewan, flavonoid dalam anggur juga mampu melindungi tubuh dari kerusakan akibat kolesterol jahat (LDL). Serat dan potasium pada buah anggur juga mampu menjaga kesehatan jantung.

Kanker
Manfaat dari anggur berikut adalah untuk membantu menurunkan atau mencegah berbagai jenis kanker, termasuk kerongkongan paru-paru, mulut, faring, endometrium (lapisan paling dalam dari lapisan rahim), usus besar, pankreas, dan prostat. Tentu saja, itu berkat kandungan antioksidan polifenol. Dan menurut National Cancer Institute, kulit anggur merah mengandung polifenol jenis resveratrol yang konon tidak hanya berguna untuk kesehatan jantung, tapi juga bermanfaat untuk menjaga pembentukan dan penyebaran kanker.

Insufisiensi vena kronis
Mengkonsumsi benih anggur dapat diharapkan dapat mengurangi gejala insufisiensi vena kronis, karena kaki terasa berat, lelah, tegang, nyeri dan kesemutan. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak daun anggur tertentu mampu menurunkan kaki bengkak setelah 6 minggu.

Tekanan darah tinggi
Menurut penelitian tikus, manfaat anggur kaya flavonoid diyakini menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, anggur juga tinggi potassium yang membantu menghilangkan efek natrium pada tubuh, sehingga tekanan darah tinggi bisa berkurang.

Perbaiki memori
Penelitian menunjukkan bahwa buah yang kaya akan antioksidan membantu mengurangi stres oksidatif yang menyebabkan penuaan, sekaligus meningkatkan kinerja memori verbal dan fungsi motorik.

Diabetes
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi tiga porsi anggur, cranberry, kismis, apel atau pir per minggu dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 7%. Anggur termasuk buah yang kaya kandungan antioksidan, yang diharapkan bisa baik untuk penderita diabetes.

Mata
Menurut penelitian pada tikus, anggur membantu melindungi retina dari kerusakan dan penyakit, seperti degenerasi makula. Jika Anda makan buah ini secara teratur. Mengkonsumsi ekstrak biji anggur ini juga dianggap bisa membantu mengurangi stres di mata karena melihat cahaya yang terlalu terang.

Memperlambat penuaan
Manfaat buah anggur lain adalah membantu mencegah penyakit degeneratif, mengaktifkan gen panjang usia, dan membantu sel hidup lebih lama. Semua itu berkat kandungan resveratrol dalam anggur. Selain itu, anggur juga mengandung lemak tak jenuh ganda, seperti asam lemak esensial linolenat. Kandungan ini berfungsi untuk melindungi, mengurangi peradangan, dan meningkatkan sensitivitas kulit.

Baca juga: Sunat Pekanbaru

Manfaat buah anggur yang rendah kalori dan hampir bebas lemak ini tak perlu disangsikan. Oleh karena itu, janganlah ragu makan buah kecil yang manis dan berkhasiat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar