Rabu, 13 September 2017

Manfaat buah belimbing bagi kesehatan tubuh

Manfaat buah belimbing bagi kesehatantubuh - Buah bintang atau buah belimbing lebih disukai karena rasanya tropis yang khas dan menyegarkan. Tak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan khasiat belimbing terutama untuk kesehatan tubuh Anda. Mari mengidentifikasi konten dan manfaat belimbing berikut ini!
Manfaat buah belimbing
Manfaat buah belimbing

Buah belimbing atau carambola Averrhoa adalah buah tropis kuning keemasan dengan cita rasa dan bentuk sebagai bintang khas. Untuk mengonsumsi buah ini, Anda tidak perlu mengupasnya.

Cukup dicuci dan dipotong secukupnya, maka Anda bisa menikmatinya sebagai sepiring salad buah, acar atau jus buah. Tidak hanya dinikmati sebagai makanan penutup, juga perlu mengetahui berbagai kandungan dan manfaat belimbing untuk kesehatan tubuh.

Kandungan dan Manfaat Buah Buah Bintang untuk Kesehatan

Sebelum mengetahui manfaat belimbing untuk kesehatan, Anda perlu tahu isi apa yang terkandung dalam buah dengan bentuk unik ini. Beberapa isinya sangat bermanfaat bagi kesehatan, namun ada juga kandungan buah bintang yang harus Anda sadari sebagai asam oksalat dan karamboksin.

Asam oksalat adalah racun berbahaya pada pasien dengan gagal ginjal. Dengan mengkonsumsi buah bintang dalam jumlah berlebihan, kandungan asam oksalat akan menumpuk di dalam tubuh karena ginjal yang rusak tidak bisa melepaskannya dari tubuh.

Kondisi ini bisa menyebabkan keracunan fatal pada penderita gangguan ginjal dengan kadar urea tinggi dalam darah. Gejala keracunan buah bintang pada pasien dengan gagal ginjal bisa meliputi cegukan, kebingungan mental, gangguan kesadaran, dan muntah.

Konsumsi berlebihan buah bintang pada pasien dengan kelainan ginjal kronis juga telah dilaporkan menyebabkan status epilepsi, kondisi darurat kejang yang berlangsung lebih dari 5 menit dan tidak berhenti setelah perawatan. Kondisi yang dipicu oleh konsumsi pati pada penderita insufisiensi ginjal masih perlu diselidiki lebih lanjut.

Buah Stellar adalah sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Buah ini kaya akan antioksidan alami, magnesium, potasium, fosfor, β-karoten serta asam askorbat atau vitamin C dan vitamin A. Berikut adalah beberapa manfaat belimbing untuk kesehatan tubuh Anda:

Sifat antioksidan. Daging renyahnya yang diisi dengan buah yang mengandung banyak air diketahui memiliki kandungan antioksidan tinggi yang efektif menangkal radikal bebas. Kandungan ini juga membantu dalam pengobatan hipoglikemia dan hipokolesterolemia. Kandungan antioksidan seperti zat besi, seng dan mangan dalam buah belimbing juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi buah ini bisa membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh, membantu sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari risiko terkena kanker.

Sumber serat tidak larut dalam air. Buah Stellar mengandung selulosa sekitar 60%, hemiselulosa 27% dan pektin 13%. Ini adalah fragmen serat larut air. Serat serat dalam jumlah banyak membantu penyerapan glukosa dan memperlambat penyebaran glukosa ke dalam aliran darah. Ini membantu mengendalikan kadar glukosa darah. Serat juga memudahkan dalam mengurangi kadar kolesterol total dalam tubuh, selain mendukung efek hipoglikemik. Mengkonsumsi buah bintang baik dalam bentuk jus atau shake dapat membantu menghilangkan lemak melalui kotoran, sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Ekstrak buah belimbing ini juga dilaporkan memiliki aktivitas antitumor serebral selektif.

Mengurangi efek kolesterol. Asupan nutrisi dari buah ini juga menunjukkan efek penurun kolesterol, karena dapat meningkatkan kolesterol, lipid dan pelepasan asam empedu melalui kotoran.
Membantu proses penyembuhan. Studi fitokimia dan farmakologi menunjukkan bahwa ekstrak daun, akar dan buah bintang mengandung saponin, flavonoid, alkaloid dan tanin sebagai antioksidan kuat untuk proses penyembuhan.

Anti-inflamasi dan antimikroba. Aktivitas antiinflamasi kandungan etanol pada buah bintang membantu meredakan kondisi peradangan pada kulit seperti eksim. Bahan lainnya juga diketahui bisa menghambat pertumbuhan bakteri seperti Staphylococcus aureus, Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa dan Bacillus cereus.

Selain sumber makanan, buah bintang dianggap sebagai tanaman herba di banyak wilayah di Brasil, China, India, Malaysia dan Taiwan. Buah ini banyak digunakan dalam pengobatan Ayurvedic dan pengobatan tradisional China sebagai obat untuk demam, sakit tenggorokan, batuk, asma, sakit kepala kronis dan dermatitis.
Anti ulkus atau ulkus. Secara tradisional, belimbing digunakan untuk meringankan masalah perut seperti bisul.

Buah almond matang membantu mengatasi gangguan pencernaan. Buah ini juga berfungsi sebagai penambah nafsu makan, diuretik, antidiarrheal dan obat penurun panas. Ekstrak yang diperoleh melalui daun buah bintang juga telah digunakan dalam pengobatan diabetes.

Selain itu, isi ekstrak buah bintang memiliki efek pencegahan pada kanker hati pada hewan percobaan. Perlu diingat, efek pengobatan dan efektivitas yang disebutkan di atas sesuai dengan jamu. Penentuan dosis aman dan penggunaan ekstrak buah bintang yang tepat untuk mengobati penyakit masih memerlukan penyidikan lebih lanjut.

Kandungan nutrisi dan manfaat belimbing untuk kesehatan tubuh tidak diragukan lagi, tapi ada kandungan buah ini yang juga harus Anda sadari. Kandungan tinggi asam oksalat dan karamboksin pada buah bintang dapat mempengaruhi orang dengan gagal ginjal kronis.

Pasien dengan gagal ginjal kronis memiliki angka kematian yang tinggi setelah mengkonsumsi buah ini. Untuk itu, bagi Anda dengan kondisi medis tertentu, disarankan berkonsultasi ke dokter jika Anda akan makan belimbing.

Baca juga: Sunat Pekanbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar