Kamis, 14 September 2017

Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan

Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan - Melon adalah buah yang sering muncul di bulan Ramadhan. Selain menyegarkan, blewah memiliki keistimewaan tersendiri untuk kesehatan tubuh. Buah yang mirip dengan buah melon, adalah tanaman yang biasa ditemukan di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.
Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan
Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan

Buah melon umumnya dikonsumsi sebagai minuman campuran. Bahkan, ada juga yang menggunakannya dengan membuat kolase seperti labu. Harganya yang murah, enak tapi berkualitas bagus, jadi banyak diburu orang


Kandungan Buah Cantalupo

Komposisi manfaat buah itu sendiri adalah kelambu yang sangat bergizi. Buah melon diketahui memiliki mineral dan vitamin serta serat makanan yang memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dari Journal of Food Science mencatat bahwa, 100 gram rata-rata melon mengandung:

Baca juga: sunat pekanbaru

  • Manfaat buah keringVitamin A - 3382IU (cukup untuk 68% kebutuhan vitamin A harian)
  • Vitamin C - 36,7 mg (cukup 61% kebutuhan vitamin C harian)
  • Kalium Mineral - 267 mg (kebutuhan potasium 8% sehari-hari)
  • Folat - sebanyak 21 mcg (cukup 5% kebutuhan harian akan folat)
  • Magnesium - 12,69 mg
  • Mangan - 0,03 mg
  • Tembaga - 0,05 mg
  • Seng - 0,10 mg
  • Kobalt - 0,003 mg
  • Kromium - 0,005 mg
  • Dari kandungan ini kaya akan nutrisi, datanglah karakteristik dari blewah ini. Utilitas yang dirasakan oleh mereka yang rutin mengonsumsinya. Manfaat buah blwah meliputi:


1. Kehilangan berat badan

Cantaloupe bisa menurunkan berat badan karena buah melon memiliki kadar gula dan kalori yang rendah. Karena itu, buah melon yang baik jika dikonsumsi saat menjalani program diet, ternyata juga mampu menjaga kesehatan tubuh.

2. Penurunan tekanan darah

Kandungan potasium, manfaat vitamin C dan kalium dalam melon membantu menurunkan tekanan darah saat ini juga bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah. Bahkan buah ini sama sekali tidak memiliki kolesterol. Karena itu, melon ini sangat aman bagi pasien yang memiliki masalah dengan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

3. Turunkan Kolesterol

Tingginya vitamin C dalam manfaat buah cantaloup ini mampu menurunkan kolesterol jahat dalam darah untuk menjaga kesehatan kardiovaskular. Vitamin C juga berguna untuk mencegah pembekuan darah dan bisa memperkuat dinding kapiler.

4. Mencegah penyakit jantung

Manfaat buah melon yang mengandung vitamin C tinggi, diyakini bisa mencegah penyakit jantung. Bahkan bisa menjaga kesehatan paru-paru dan pembuluh darah. RDA merekomendasikan agar kita mengonsumsi beta karoten, sekitar 5-6 mg per hari untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungannya bisa dirasakan dengan mengkonsumsi buah blwah ini, secara teratur agar jantung tetap sehat.

5. Pencegahan risiko kanker

Jika Anda mengonsumsi makanan bergizi kurang seperti beta karoten, vitamin C dan asam folat maka Anda mungkin berisiko terkena kanker serviks. Tapi jika Anda mengkonsumsi buah blewah, maka kanker bisa dicegah karena buah melon memiliki 3 nutrisi penting.

Top untuk kanker
6. Mengatasi Insomnia

Buah blewah memiliki khasiat obat penenang yang sangat bermanfaat bagi penderita insomnia. Sifat sedatif ini sama dengan obat tidur. Jadi bagi penderita insomnia, akan lebih baik mengkonsumsi blewah untuk bisa melindungi diri dari insomnianya. Selain itu, manfaat coklat juga memberikan efek menenangkan yang akan memudahkan tidur.

Begitu banyak manfaat yang bisa kita peroleh hanya dari buah-buahan. Karena itu mulailah beralih dari minuman kaleng dan mulailah gaya hidup sehat anda dengan memanfaatkan khasiat buah-buahan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar