Selasa, 12 September 2017

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan - Seperti kita ketahui bersama, Indonesia adalah negara yang kaya rempah-rempah. Salah satu ramuan yang sangat populer di kalangan masyarakat adalah kunyit. Biasanya, kunyit digunakan sebagai suplemen makanan, karena memiliki rasa dan warna yang khas.
Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan
Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Tidak hanya digunakan sebagai masakan bumbu tunggal, juga sering digunakan oleh masyarakat untuk perawatan berbagai kondisi kesehatan. Kunyit mengandung curcumin tinggi yang berpotensi membantu penyembuhan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat yang luar biasa dari kunyit plus.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan
Manfaat Kunyit (Kunyit) untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengurangi nyeri sendi (osteoartritis)

Kunyit mengandung anti radang yang dapat membantu meringankan nyeri sendi pada pasien dengan osteoarthritis, suatu kondisi yang menyebabkan nyeri sendi, kekakuan dan hilangnya kelenturan.

Satu studi menunjukkan bahwa kinerja kunyit sebanding dengan ibuprofen dalam mengatasi osteoartritis. Jika Anda ingin mencoba mengurangi rasa sakit akibat osteoarthritis, Anda bisa mengonsumsi 500g dosis ekstrak kunyit dua kali sehari.

2. Kulit gatal

Kulit gatal bisa disebabkan karena beberapa faktor. Hal ini dapat disebabkan oleh ulat, alergi atau dipengaruhi oleh kondisi lingkungan.

Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan kunyit yang dicampur dengan ekstrak lada hitam atau cabai rawit. Dipercaya bahwa kandungan curcumin yang tinggi membantu menyembuhkan rasa gatal.

3. Ruam

Ruam ini ditandai dengan munculnya bintik merah. Meski bisa lenyap dengan sendirinya, namun kondisi ruam sangat mengganggu, terutama bila menyebabkan rasa sakit.

Kondisi kemerahan pada kulit ini bisa diatasi dengan makan ektrak kunyit. Bahan kimia dalam kunyit bisa menenangkan kulit dan kembali normal.

4. Masalah dengan menstruasi

Mungkin Anda sering melihat iklan yang mengandung minuman kunyit yang diklaim bisa mengatasi rasa sakit akibat haid.

Ya, memang benar, menurut penelitian konsumsi ekstrak kunyit bisa membantu mengatasi rasa sakit. Konsumsilah satu gelas kecil sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

Bisul perut

Penelitian di Universitas Gajah Mada (UGM) baru-baru ini menunjukkan bahwa kunyit bisa membantu meringankan sakit perut.

Penelitian dilakukan pada 30 tikus yang tidak diberi makan selama 48 jam. Tikus yang diuji yang mendapat ekstrak kunyit tidak mengalami radang lambung sama sekali.
6. Dispepsia (bisul)

Kunyit bisa merangsang kandung empedu untuk menghasilkan empedu yang lebih optimal. Hal ini diyakini bahwa kondisi ini memperbaiki sistem pencernaan.

Selain itu, menurut penelitian, konsumsi ekstrak kunyit juga dapat mencegah pembengkakan pada pasien dengan dispepsia atau bisul.

7. Kanker usus besar (kolorektal)

Tidak hanya menyembuhkannya, menurut beberapa penelitian kunyit juga bisa digunakan untuk mencegah kanker usus besar dengan mengurangi jumlah pre-kanker di tubuh orang tersebut. Penanda tumor kanker usus besar menurun setelah mengkonsumsi kunyit secara teratur. Berani mencoba?

Serangan Jantung dan Strokes

Serangan jantung bisa disebabkan karena kolesterol tinggi di aliran darah, begitu juga dengan stroke. Turunkan kolesterol Anda dengan mengonsumsi jus kunyit secara teratur. Menurut penelitian, ramuan alami ini mengandung potassium tinggi yang bisa membubarkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

9. Bilas kulit

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Inilah manfaat kunyit untuk wajah. Kunyit memiliki pigmen kuning alami yang bisa membantu meringankan kulit dengan cepat.

Anda bisa membuat masker kunyit yang dicampur dengan jus lemon dan madu. Gunakan masker secara rutin 10 menit setelah mandi dan lihat hasilnya seketika.
Efek samping kunyit di tubuh

Mengonsumsi kunyit sebaiknya tidak melebihi 500 mg per hari. Hindari mengkonsumsi dalam jumlah 1.500 mg atau lebih, untuk meminimalkan efek samping.

Mengkonsumsi kunyit dalam jumlah berlebihan bisa menyebabkan detak jantung menjadi abnormal. Efek samping lainnya yang disebabkan oleh penggunaan kunyit yang tidak alami meliputi:
Terjadinya alergi yang berlebihan
Gangguan kantong empedu
Berdarah
Gangguan hati
Kontraksi uterus
Permulaan gangguan pencernaan dan perut
Mengurangi kesuburan pada pria

Terbaik untuk makan kunyit yang dilakukan dengan hati-hati. Khusus untuk ibu hamil, menyusui, penderita diabetes, pria yang ingin memiliki anak, dan orang yang ingin melakukan operasi.

Caranya, tertarik mencoba kunyit?

Itulah beberapa manfaat kunyit dan efek sampingnya bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: Sunat Pekanbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar