Minggu, 13 Agustus 2017

Asam Pedas Baung Khas Pekanbaru

Asam Pedas Baung Khas Pekanbaru - Masyarakat Sumatera punya aneka hidangan asam pedas. Termasuk Riau yang mengolah asam pedas dengan ikan baung.Asam pedas juga telah menjadi bagian kuliner Riau yang mendapat pengaruh kuat Melayu. Masuk dalam menu wajib hampir di tiap rumah. Sampai ikut disajikan juga pada berbagai acara adat setempat. Seperti saat rangkaian upacara pernikahan, lebaran, khitan dan lainnya.
 
Ikan Pedas Baung

Pada dasarnya sajian ini memiliki kuah bercitarasa asam dan pedas. Tapi tiap daerah biasanya punya perbedaan bumbu dan jenis ikan yang digunakan.Di sana asam pedas banyak dipadukan dengan ikan baung, patin, selais dan gabus. Ikan air tawar jadi andalan di Riau karena diapit banyak sungai besar.

Baung memiliki daging berwarna putih. Tekstur dagingnya yang lembut padat tanpa duri halus, membuatnya disukai banyak orang. Dibanding ikan patin, daging baung juga lebih tebal. Cocok dimasak dengan bumbu asam pedas ataupun gulai.

Sama seperti patin, asam pedas ikan baung jadi favorit di Riau. Baung yang memiliki nama latin Mystus Nemurus, masih sekerabat dengan lele. Sehingga bentuk tubuhnya pun agak mirip lele. Ikan air tawar ini banyak ditemukan di sungai, rawa, danau dan waduk.

Sajian asam pedas di sini kabarnya punya citarasa enak dengan ikan yang tidak amis. Sebab ikannya segar dari Kampar.Membuat rumah makan padat pengunjung dari makan siang sampai malam. Pelanggannya ada yang dari luar kota, atis, hingga pejabat. Sehari rumah makan bisa menghabiskan 30-40 kg ikan baung.

Resep Asam pedas Ikan baung

  • 1 kg ikan baung. Jika tidak tersedia maka ikan baung juga bisa diganti dengan ikan patin. Bersihkan organ dalam ikan dan potong-potong menjadi 5 bagian. Cuci bersih lalu sisihkan.
  • 1 liter air
  • 1 tangkai serai yang dimemarkan
  • 1 lembar daun kunyit
  • 3 buah asam kandis

Bahan Bumbu halus

  • 3 cm lengkuas
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 10 buah cabe merah
  • 5 butir bawang merah
  • ½ sdm garam

Cara Membuat Asam Pedas Ikan Baung

  1. Ambil bumbu halus yang terdiri dari serai, daun kunyit dan serai lalu rebus dan aduk sampai kuah mengental.
  2. Masukkan potongan-potongan ikan lalu kecilkan api.
  3. Setelah ikan matang dan juga kuahnya mulai mengental maka kita bisa mengangkat masakan ini dari atas kompor. Siapkan mangkok saji dan tuangkan masakan asam pade khas riau ke dalamnya.
  4. Sebagai tambahan hiasan dan juga memperlezat masakan maka kita bisa menambahkan irisan bawang merah goreng.
  5. Masakan asam pade khas riau ini pastinya sangat lezat jika disajikan dengan nasi putih. Untuk msakan asam padenya sendiri akan lebih nikmat jika dihidangkan hangat-hangat. Kelezatan masakan ini pastinya tidak bisa dipisahkan dari kuahnya yang bericta rasa asam manis. Tidak hanya cita rasanya, aroma sedap jahe dan lengkuas pastinya akan bisa menghilangkan aroma ikan yang cenderung amis.
  6. Ingin cita rasa yang berbeda untuk bersantap bersama seluruh anggota keluarga? Cobalah mencicipi masakan asam padeh khas Riau ini bersama orang-orang tercinta.

Itulah Resep Asam Pedas Ikan Baung khas pekanbaru yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, terimakasih.

(sumber: Randi Maulana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar