Kamis, 31 Agustus 2017

Makanan Ringan Khas Riau

Makanan Ringan Khas Riau - Indonesia terkenal dengan kuliner yang berbagai macam, dan setip daerah biasanya memiliki makanan khas mulai dari makanan ringan atau cemilan sampai dengan makanan berat, begitu juga di provinsi riau juga mempunyai makanan dan minuman khas Riau yang bisa anda coba saat berwisata di provinsi yang mayoritas penduduknya adalah melayu ini.
Kuliner adalah sebagai pelengkap suatu daerah untuk menunjang kegiatan wisata yang banyak diburu oleh para wisatawan terutama makanan, kue atau jajanan tradisional yang memiliki ciri khas daerah tersebut. Menikmati makanan khas daerah biasa untuk melengkapi kegiatan wisata, namun jika jajanan tradisional  biasanya berkaitan dengan oleh-oleh saat para traveler pulang dari berwisata.
Karena banyaknya jenis kue atau jajanan khas Riau yang menjadi pilihan, untuk itu agar anda tidak bingung, berikut Kue atau Jajanan Tradisional khas Riau yang rokomended bisa anda jadikan oleh-oleh.
makanan khas
makanan khas

Kerupuk Atom

Jajann khas Riau berupa kerupuk atom ini merupakan makanan Camilan yang berbentuk bulat kecil dan renyah, hampir sama dengan  Amplang Kerupuk Tenggiri Khas Kota Ketapang Kalbar jika dilihat dari bahan untuk membuatnya, yaitu sama-sama terbuat dari bahan dasar dari ikan yang tercampur berbagai bahan tambahan.

Karena lain daerah maka lain pula namanya meskipun hampir sama. kerupuk atom ini memiliki rasa yang enak dan gurih, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai cemilan dalam perjalanan tak terkecuali juga sebagai oleh-oleh.
Kue Bangkit jajanan khas riau ini sebenarnya merupakan kue khas Melayu. Kue yang memiliki ciri putih kekuningan dengan noktah merah diatasnya.mempunyai tekstur yang halus dan mudah remuk dimulut jika sedang di makan.

Jika anda ingin mencari kue bangkit sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang bisa anda temui dengan mudah di toko oleh-oleh khas Riau.
Kacang Pukul, Kue Khas Riau ini khususnya untuk daerah Bagan Siapi-api di Kabupaten Rokan Hilir.

Seperti namanya Kue Khas Riau ini berbahan dasar kacang yang  mempunyai cita rasa manis namun tidak terlalu manis dan yang jelas rasanya enak. Perpaduan antara kacang dan rasa manisnya ini lah yang membuat kue tersebut menjadi favorit para wisatawan yang datang ke Riau dan menjadikan sebagai oleh-oleh khas riau.
merupakan kue yang sudah matang dan menjadi 2 kali lipat dari ukuran semula setelah dikeluarkan dari oven. Warna putih kekuningan pada kue bangkit serta penambahan noktah merah diatasnya membuat kue ini menjadi lebih cantik. Tekstur kue bangkit yang halus dan renyah akan melumer ketika dimakan. Rasa kue bangkit cenderung manis sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak.

Ikan Salai

Pernah mendengar ikan salai ? Ikan salah merupakan makanan ringan yang terdapat di Riau, ikan salai merupakan ikan basah yang masih segar kemudian dikeringkan dengan proses pengasapan. Ikan salah ini juga merupakan mennu makanan yang cukup terkenal bagi masyarakat riau yang tinggal disepangjang sungai besar, Riau. Ikan salai tersebut memiliki aroma khasnya yang menggoda.

Selain sebagai kuliner, ikan salai merupakan makanan yang diawetkan oleh masyarakat riau melalui proses pengawetan tradisional yang tentu sangat aman dan tahan lama.

Roti Jala

Roti jala merupakan makanan yang sangat unik, karena roti pada umumnya berbentuk padat dan mengembang. Namun di daerah Riau roti tidak seperti itu. Roti jala namanya, roti yang bentuknya memiliki lobang seperti jala yang terbentuk dari hasil pembuatan yang unik dari sang koki. Roti ini memiliki rasa yang guring karena merupakan roti yang dimasak dengan digoreng.

Makanan ini sering dihidangkan sebagai pelengkap kari ayam. Karena bentuk dan rasanya yang unik dan spesial ini, makanan berkelas dengan rasa enak dan gurih. Apabila berkunjung ke daerah riau Anda harus mencoba makanan ini.

Mie Sagu

Mie sagu merupakan menu ringan yang dijadikan pengganti makanan ringan. Makanan khas masyarakat riau khususnya Selat panjang, Pulau tebing tinggi, kab. Kepulauan Meranti, Provinsi Riau sudah sangat familiar dengan makanan ini. Dengan rasa yang berbeda dengan mie gandung biasanya, mie sagu harus dicoba ketika berkunjung ke Provinsi Riau. Dan ini adalah makan asli dan favorit dari pimpinan redaksi Bebas.id yang merupakan kelahiran selatpajang.

Es Air Mata Pengantin

Seperti kedengarannya minuman ini sangat menarik untuk dimasukkan dalam daftar makanan ringan khas riau. Es air mata pengantin ini mengandung agar-agar yang berwarna-warni, biji selasih, blewah, dan nata de coco. Minuman tersebut disajikan dengan es serut, menjadi minuman yang pas untuk melepas dahaga. Dari namanya yang unik dan rasanya yang segar, es ini menjadi salah satu minuman favorit di riau yang harus kita coba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar