Kamis, 31 Agustus 2017

Oleh Oleh Makanan Khas Indonesia

Oleh Oleh Makanan Khas Indonesia - Liburan atau berkunjung ke luar kota, pasti banyak saudara atau teman-teman yang minta oleh-oleh.
jajanan
jajanan

Kamu gak perlu bingung lagi mau beliin apa? Selain souvenir, untuk memanjakan lidah mereka kamu bisa membeli makanan khas dari kota yang kamu kunjungi tersebut. Berikut oleh-oleh yang bisa kamu beli di kota yang akan kamu kunjungi.

Bakpia – Yogyakarta

Selain sebagai kota gudeg, Yogyakarta juga punya makanan yang bisa jadi oleh-oleh yaitu Bakpia. Kamu bisa mendapatkan rasa original bakpia dengan rasa kacang hijau. Tetapi sekarang bakpia sudah punya beraneka variasi rasa yang bisa kamu pilih.

Bika Ambon – Medan

Lucu ya kalau dengar Bika Ambon dari Medan? Tetapi memang Bika Ambon ini oleh-oleh khas Sumatra Utara terutama Medan. Selain rasa original, Bika Ambon juga punya banyak aneka rasa lainnya seperti rasa keju dan durian.
Almond Crispy Cheese adalah salah satu camilan khas Surabaya yang paling banyak digemari saat ini. Cemilan khas surabaya ini memang beda dari makan khas daerah pada umumnya. Selain rasanya yang benar benar enak dan kress namun dikemas cukup mewah.

Almond Crispy Cheese ini bertekstur sangat tipis, lembut dan kriuk di mulut. Oleh-oleh ini mempunyai 6 varian rasa, seperti original, coklat, green tea, durian, blueberry dan strawberry.
Intip adalah makanan sisa, karena intip itu adalah kerak nasi. Jika kita menanak nasi menggunakan kendil atau periuk. Otomatis, kita sekaligus menghasilkan intip. Intip itu ada yang tebal dan tipis. Tergantung cara menanak nasi dan lamanya. Tetapi, ini terjadi hanya di kendhil atau Periuk.
Kue ini merupakan jajanan pasar yang cukup terkenal di kalangan masyarakat. Dari jaman dulu, karena kue ini juga merupakan kue turun temurun yang legendaris. Rasanya hampir sama dengan kue jenang, atau kue dodol. Tetapi kue krasikan ini, memiliki tekstur agak kasar.Lapa adalah hidangan khas suku Bugis yang identik dengan rasa gurih. Lapa-lapa biasanya disantap bersama ikan asin. Serta dilengkapi dengan sambal kaluku yang terbuat dari kelapa parut. Rasa sambalnya beragam, asin, asam, hingga pedas.
Keripik ini merupakan oleh-oleh dari Sumatera Barat. Keripik singkong dengan rasa balado yang manis, pedas dan gurih. Makanan ini yang dicari saat berlibur dari Padang untuk oleh-oleh sanak saudara di rumah.
Yangko adalah makanan khas kota Yogyakarta yang terbuat dari tepung ketan. Yangko berbentuk kotak dengan baluran terigu, kenyal dan rasanya manis. Pada rasa aslinya, Yangko berisi campuran cincangan kacang dan gula, seperti kue moci asal Jepang.

Hanya bedanya, moci lebih lembek dan lebih kenyal dibandingkan yangko. Selain rasa aslinya, kini yangko juga memiliki rasa buah-buahan, seperti strawberry, durian, dan melon. Yangko banyak ditemui di daerah Kotagede, Yogyakarta.
Sale pisang adalah makanan hasil olahan dari buah pisang yang disisir tipis kemudian dijemur. Tujuan penjemuran adalah untuk mengurangi kadar air buah pisang sehingga pisang sale lebih tahan lama. Pisang sale ini bisa langsung dimakan atau digoreng dengan tepung terlebih dahulu.
Sale pisang merupakan oleh-oleh dari daerah Karang Pucung da Majenang yang terletak di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.
Dodol Rumput Lautmerupakan salah satu bentuk difersifikasi produk pengolahan rumput laut. Resep dodol laut, proses Dodol rumput laut dibuat dengan menambahkan rumput laut guna meningkatkan nilai guna dari rumput laut.
Beberapa faktor yang perlu diperhatikan karena dapat memepengaruhi kualitas dodol adalah komposisi bahan bakunya.Siropen adalah sebuah Sirup telasih yang dibangun oleh JC Van Drongelen sejak 1923! Namun, saat ini Siropen memang tidak begitu terdengar seperti dulu, karena tidak mudah untuk menemui sirup ini di supermarket-supermarket besar. Namun jangan salah, 70 % pasar sirup di Surabaya masih dikuasi oleh Siropen.
Bajigur adalah minuman tradisional khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Bahan utamanya adalah gula aren dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam dan bubuk vanili.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar